Secuil Saja

Image3545

Nia, mungkin baru sekitar 8 tahun ketika ayahnya meninggalkan mereka demi seorang “wanita” lain. Ibunya sedang mengandung waktu itu, dan kakaknya baru kelas 2 SMP.

AKu tidak begitu mengerti urusan keluarga mereka, sama sekali tidak mengerti.

Ibu, suatu hari meminta bantuanku untuk ke rumah sakit. Ibunya Nia mengangsurkan sebungkus plastik besar kepadaku seraya menangis, “Titip saudaranya Uti ya mbak…”

Aku baru tahu kalau itu ‘ari-ari’ ketika ibu menyuruhku mencangkul tanah, mengubur sebuah kendi, dan memasang sebuah lampu kecil di halaman depan persis di bawah jendela kamarku.

Hari berlalu waktu berganti, ketika suatu hari aku mendengar ayah mereka dengan tiba-tiba sakit keras dan meninggal.

Dan, hari terus berlalu dan waktu terus berganti dengan cepat ketika suatu hari lagi aku mendengar kakak Nia teridentifikasi tumor atau apapun itu di paru-parunya.

Itukah perjalanan hidup manusia? Melewati kesulitan demi kesulitan? Melewati banyak hari buruk? Melewati begitu banyak kesukaran dan hal pahit? pikirku

Tidak ada hal besar yang bisa kulakukan… selain memberi sebentuk doa dan pelukan hangat. Aku memiliki keduanya dengan berlimpah di diriku.

“Nia ulang tahun kemarin, maukah kamu memberikannya sedikit kejutan?” kata ibu beberapa hari lalu

“Aku akan membuatkan kue baginya…” jawabku singkat

Dan, aku membuatkan sebentuk kue baginya. Sederhana, percobaan pertama-ku yang sukses…

“Ini untukmu Nia…” kataku ketika wajahnya muncul di pintu rumahnya

Dia memelukku, mengucapkan terima kasih dengan suara serak.

Tidak ada yang kulakukan lagi kecuali memberikannya pelukan hangat, dia hanya berdua dengan si bungsu karena ibunya menemani sang kakak di rumah sakit untuk kemotherapy

Sejujurnya, aku tidak memberikan apa-apa… aku hanya membagi secuil kasih dan kehangatan bagi diriku sendiri di hari kelabu dan hujan…

I’

10 Januari 2013

Terima kasih sahabat...

