Novel PULANG

pulang cover

Novel : PULANG

menemukan I.N.D.O.N.E.S.I.A

Penulis: Leila S. Chudori

Aku gila baca! Ya! Tetapi aku bukan penggila Novel. Namun saat melihat novel ini di rak Gramedia, aku langsung mengambilnya. Sekilas aku lihat halaman belakangnya, buku ini bercerita tentang tahun 1965 dan tahun 1998.

Sepertinya bagus…,

Awalnya membacanya membuatku mengingatkanku pada banyak hal beberapa tahun lalu; 

“Kamu jangan bergaul dekat dengan Nur… ayah ibunya itu dulu kena PKI” nasehat nenekku waktu itu

“Jangan les nari dengan Mas Dewo, ibunya dulu Gerwani” nasehat seorang tanteku

“Kamu boleh saja berteman dengan banyak orang, belajar darimana saja, tetapi jangan sampai masuk suatu Partai Politik karena kita tidak tahu apakah suatu saat nanti akan menjadi seperti PKI atau tidak?” nasehat Om-ku

“Kamu gabung dengan Partai? Malahan kerja di DPP Jakarta? Kamu itu gila atau apa? Dari kecil dinasehati ga mau dengarkan! Ingat ya, jika sesuatu terjadi denganmu, jangan harap pertolongan dari kami!” kata seorang saudara

Ada apa? Aku hanya tahu PKI dan peristiwa yang disebut G30S itu di buku sejarah dan film tontonan wajib kita waktu itu (sampai dengan tahun 1998), selebihnya tidak ada yang aneh dengan orang-orang yang mereka sebut PKI, Gerwani, dan juga anak-anaknya.

Selanjutnya, membacanya membuatku terbius pada semakin banyak hal.

Susunan kalimatnya membuatku takjub. Romantis, pedih, nakal tercampur indah! Dan ketakjubanku semakin menjadi karena aku membacanya pertama kali di atas kereta arah Jakarta – Semarang dan Semarang – Jakarta! Hah!!

Membacanya membuatku terlempar di suatu perjalanan sejarah INDONESIA yang tidak kukenal dan anak bangsa yang tercabik!!

Aku gila baca! Ya! Tetapi aku bukan penggila novel. Tetapi sepertinya aku harus berusaha keras mencari novel lain sebagai pembanding jika mau menjadi penggila novel.

Novel ini benar-benar tentang I.N.D.O.N.E.S.I.A

😀

7 thoughts on “Novel PULANG

Terima kasih sahabat...

