Merawat Kenangan – 4

Bad-Memories

Hari lebaran tiba, aku ada di atas bis kota menuju kota kecil tempat aku dibesarkan.

Suara sumbang terdengar mengalun dari mulut pengamen jalanan, anak-anak kecil mulai menangis karena bosan, gerutu beberapa orang, debu berputar-putar di atas jendela. Suatu kombinasi yang terlihat kacau.

Aku menatap kaki yang berdiri berdesakan di depanku, hampir tidak ada celah bahkan untuk mengintip pemandangan ke depan.

Aku menghela nafas panjang, masih membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam lagi untuk sampai di tujuan.

“Ibu bangun bu…” suara seorang anak kecil dari bangku seberang

Anak perempuan kecil, tangannya meraih mata ibunya yang terpejam, mencoba membukanya sambil merengek. Mungkin dia bosan.

Adikku tersenyum melihatnya sambil berbisik “Ih… mata ibunya diobok-obok… disuruh bangun..”

Anak itu masih merengek sambil terus mencoba membuka mata ibunya, yang mungkin sengaja menggodanya.

AH!

Dia datang… kenangan itu datang! Selalu begitu!

***

Hari telah larut malam. Aku masih belum sepenuhnya tertidur ketika melihat pintu kamarku bergerak perlahan.

Aku mencoba menengok ketika sosok besar itu naik ke atas ranjang, menaiki nenek, dan mencekiknya.

Aku mencoba meraih tangan sosok itu, tetapi dia terlalu kuat. Leherku dicengkeram, dan melemparkanku ke belakang.

Beberapa langkah terdengar mendekat, membuka pintu dengan paksa, menarik sosok itu ke samping. Aku berlari ke arah nenekku, dengan panik kuraih matanya yang tertutuo dan mencoba membukanya…

“Nenek… bangun nek…” pintaku

***

“Heh! Melamun!” tegur adikku

“Heh! Lihat anak itu lho…” kilahku

“Hedehhhh… lihat anak bangunin ibunya aja sampai melamun begitu”

“Ha ha ha… ” aku tertawa nyengir

Hidup dengan sejuta kenangan…

Ah… aku hanya bisa menghela nafas panjang dan mengedikkan bahu.. entahlah!

***

 

Merawat Kenangan – 1, Buat apa merawat kenangan

Merawat Kenangan – 2, laut telah menghapus jejaknya

Merawat Kenangan – 3, ketika kenangan itu menua bersama usia kita

Merawat Kenangan – 4,

 

Terima kasih sahabat...

